PRINSIP
PENYUSUSNAN RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
1.
Memperhatikan perbedaan individu
peserta didik
RPP disusun dengan
memperhatiakn perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual,
minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar,
kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan
lingkungan peserta didik.
2.
Mendorong partisipasi aktif peserta didik
Proses pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta
didik untuk mendorong motivasi , minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi,
kemandirian, dan semangat belajar.
3.
Mengembangkan budaya membaca dan
menulis
Proses pembelajaran dirancang
untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan
berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
4.
Memberikan umpan balik dan tindak
lanjut
RPP memuat rancangan program
pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan dan remedi.
5.
Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan
memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber
belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan
mengkomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas
aspek belajar, dan keragaman budaya.
6.
Menerapkan teknologi informasi dan
komunikasi
RPP disusun dengan
memprtimbangkan penerapan teknologi informasi
dan komunikasi secara
terintegrasi, sistematis,dan efektif sesuai
dengan situasi dan kondisi.
Daftar pustaka : Gunawan, Rudy. 2014.
Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Jakarta : ALFABETA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar