Rabu, 07 Desember 2016

PRINSIP PENYUSUSNAN RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)



PRINSIP PENYUSUSNAN RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
1.       Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP disusun dengan memperhatiakn perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta didik.
2.       Mendorong  partisipasi aktif peserta didik
Proses pembelajaran dirancang  dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi , minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
3.       Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
4.       Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan dan remedi.
5.       Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengkomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
6.       Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
RPP disusun dengan memprtimbangkan penerapan teknologi informasi  dan komunikasi  secara terintegrasi, sistematis,dan efektif sesuai  dengan situasi dan kondisi.



Daftar pustaka : Gunawan, Rudy. 2014. Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Jakarta : ALFABETA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar