Faktor-Faktor
Pendorong Interaksi Sosial
Imitasi : suatu tindakan
seseorang untuk meniru segala sesuatu yang ada pada orang lain. Contohnya
seorang anak sering meniru kebiasaan-kebiasaan orang tuanya seperti cara
berbicara dan berpakaian.
Identifikasi : upaya yang
dilakukan seseorang untuk menjadi sama (identik) dengan orang yang ditirunya,
baik dari segi gaya hidup maupun perilakunya. Contohnya seorang pengagum berat
artis terkenal, ia sering mengidentifikasi dirinya menjadi artis idolanya
dengan meniru model rambut, model pakaian
atau gaya perilakunya dan menganggap dirinya sama dengan artis tersebut.
Sugesti : stimulus atau
rangsanagn yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa sehingga
orang yang diberi sugesti melaksanakan apa yang disugestikannya tanpa berpikir
kritis dan rasional. Contohnya iklan Sabun yang ada diTV yang mensugestikan
sekali kucek langsung bersih, dan orang yang melihat iklan tersebut membeli
sabun tersebut.
Motivasi : dorongan atau rangsangan
yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa sehingga orang yang
diberikan motivasi tersebut melaksanakan apa yang dimotivasikan secara kritis,
rasional, dan penuh rasa tanggung jawab.
Simpati : sikap ketertarikan
seseorang terhadap orang lain. Siikap ini timbul karena adanya kesesuaian nilai
yang dianut oleh kedua belah pihak, seperti pola pikir, kebijakan, atau
penampilannya.
Empati : hampir mirip dengan
simpati. Perbedaannya, sikap empati lebih menjiwai atau lebih terlihat secara
emosional.
Daftar pustaka :
Wartono, Tarsisius dkk. 2007.Sosiologi. Jakarta : Yudishtira.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar