Senin, 26 Desember 2016

Faktor-Faktor Pendorong Interaksi Sosial



                                Faktor-Faktor Pendorong Interaksi Sosial
Imitasi : suatu tindakan seseorang untuk meniru segala sesuatu yang ada pada orang lain. Contohnya seorang anak sering meniru kebiasaan-kebiasaan orang tuanya seperti cara berbicara dan berpakaian.
Identifikasi : upaya yang dilakukan seseorang untuk menjadi sama (identik) dengan orang yang ditirunya, baik dari segi gaya hidup maupun perilakunya. Contohnya seorang pengagum berat artis terkenal, ia sering mengidentifikasi dirinya menjadi artis idolanya dengan meniru model rambut, model pakaian  atau gaya perilakunya dan menganggap dirinya sama dengan artis tersebut.
Sugesti : stimulus atau rangsanagn yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa sehingga orang yang diberi sugesti melaksanakan apa yang disugestikannya tanpa berpikir kritis dan rasional. Contohnya iklan Sabun yang ada diTV yang mensugestikan sekali kucek langsung bersih, dan orang yang melihat iklan tersebut membeli sabun tersebut.
Motivasi : dorongan atau rangsangan yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa sehingga orang yang diberikan motivasi tersebut melaksanakan apa yang dimotivasikan secara kritis, rasional, dan penuh rasa tanggung jawab.
Simpati : sikap ketertarikan seseorang terhadap orang lain. Siikap ini timbul karena adanya kesesuaian nilai yang dianut oleh kedua belah pihak, seperti pola pikir, kebijakan, atau penampilannya.
Empati : hampir mirip dengan simpati. Perbedaannya, sikap empati lebih menjiwai atau lebih terlihat secara emosional.


Daftar pustaka : Wartono, Tarsisius dkk. 2007.Sosiologi. Jakarta : Yudishtira.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar