Rabu, 07 Desember 2016

GADGET MEMPENGARUHI PERILAKU SEORANG ANAK”



Nama   : Sufiyah
NIM    : 2290150029
Jurusan : pendidikan sosiologi

“GADGET MEMPENGARUHI PERILAKU SEORANG ANAK”

1.1  latar belakang masalah
menurut Mead  perkembangan anak-anak  memiliki 3 tahap yaitu[1] :
a.      play stage
b.      game stage
c.       generalized order
tahap play stage merupakan tahap dimana seorang anak meniru tingkah laku orang yang ada disekelilingnya dan meniru apa yang dia lihat dan dia dengar. Pada tahap selanjutnya yaitu game stage yaitu pada tahap ini  seorang anak mulai memainkan perannya. Memainkan peran yang ia peroleh dari apa yang ia lihat dan ia dengar (pengamatan). Dan pada tahap terakhir yaitu generalized order yakni suatu tahap seorang yang sudah meneriman nilai dan norma masyarakat dengan sangat matang, pada tahap ini biasanya pada usia dewasa karena sudah dapat membedakan mana ynag baik dan mana yang buruk.

globalisasi merupakan proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Dalam artian tersebut maka globalisasi membawa pengaruh asing bagi suatu negara termasuk indonesia. Akibat globalisasi perkembangan teknologi informasi dan juga ilmu pengetahuan berkembang sangat cepat. Dengan perkembangan teknologi ini manusia dapat melakukan kegiatan lebih efisien dan efektif contohnya saja walau kita tidak bertemu secara langsung kita bisa mengirim tugas kita lewat via email, selian itu juga kita bisa mendapatkan informasi dengan sangat cepat dan bahkan informasi mengenai negara-negara seluruh dunia kita bisa tahu dengan hitungan detik.
Dizaman modern ini para orang tua sangat senang dengan memberiakan anaknya gedget karena dengan memberikan teknologi tersebut anak bisa mempelajari teknologi tersebut supaya tidak ketinggalan zaman dan lebih mudah berkomunikasi dengan orang tuanya, akan tetapi orang tua tidak sadar yang  diberikannya itu adalah mainan yang sangat membahayakan bagi anak-anak yang dibawah usia dan juga mungkin kan berkelanjutan hingga dia besar.
Dengan memberikan gedget yang tidak sesuai dengan usianya akan mendapatkan pengaruh buruk terhadap perilaku anak tersebut, karena apa yang dilihat seorang anak pasti dia akan meniru apa yang ia lihat. Contohnya saja banyak anak-anak usia sekolah dasar sudah banyak melakukan pelecehan asusila sampai pelecehan seks, yang diakibatkan dia ingi tahu rasanya apa yang dia lihat di Youtube. Selain itu juga permainan-permainan yang ada pada gedget juga bisa mempengaruhi pola pikirnya.
Jika kita melihat ke pernyataan Mead mengenai tahap-tahap perkembangan anak, gadget dapat berpengaruh pada tahap play stage dan game stage karena pada tahap itu seoarang anak sedang mencari jati dirinya dan mereka hanya bisa menerima, tidak bisa menseleksi mana yang baik dan mana yang buruk untuknya. Hal tersebut dapat membentuk kepribadan dan tingkah laku padanya.


1.2  Identifikasi masalah dan rumusan masalah
a.       Indentifikasi masalah
Dari latar belakang tersebut saya simpulkan  bahwa masalah yang dihadapi adalah pengaruh gedget terhadap perilaku seorang anak.
b.      Rumusan masalah
Bagaimana pengaruh gatget terhadap perilaku anak

1.3  pembatasan masalah
pengaruh gedget terhadap perilaku anak

1.4  maksud dan tujuan
a.       maksud dari penelitian ini adalah untuk lebih tahu seberapa besar pengaruh gadget terhadap perkembangan perilaku anak.
b.      Tujuan dari penelitian ini adalah supaya orang tua tahu bagaiman pengaruh gadget tersebut terhadap perilaku anaknya dan orang tua bisa meminimalisir pengaruh tersebut


[1] George Rizter, Teori Sosiologi Modern, Jakarta, Kencana, 2004, hal 277

Tidak ada komentar:

Posting Komentar