Nama : Sufiyah
NIM : 2290150029
Jurusan :
pendidikan sosiologi
“GADGET
MEMPENGARUHI PERILAKU SEORANG ANAK”
1.1 latar
belakang masalah
menurut
Mead perkembangan anak-anak memiliki 3 tahap yaitu[1] :
a.
play
stage
b.
game
stage
c.
generalized
order
tahap play
stage merupakan tahap dimana seorang anak meniru tingkah laku orang yang
ada disekelilingnya dan meniru apa yang dia lihat dan dia dengar. Pada tahap
selanjutnya yaitu game stage yaitu
pada tahap ini seorang anak mulai
memainkan perannya. Memainkan peran yang ia peroleh dari apa yang ia lihat dan
ia dengar (pengamatan). Dan pada tahap terakhir yaitu generalized order yakni suatu tahap seorang yang sudah meneriman
nilai dan norma masyarakat dengan sangat matang, pada tahap ini biasanya pada
usia dewasa karena sudah dapat membedakan mana ynag baik dan mana yang buruk.
globalisasi
merupakan proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran
pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Dalam
artian tersebut maka globalisasi membawa pengaruh asing bagi suatu negara
termasuk indonesia. Akibat globalisasi perkembangan teknologi informasi dan
juga ilmu pengetahuan berkembang sangat cepat. Dengan perkembangan teknologi
ini manusia dapat melakukan kegiatan lebih efisien dan efektif contohnya saja
walau kita tidak bertemu secara langsung kita bisa mengirim tugas kita lewat
via email, selian itu juga kita bisa mendapatkan informasi dengan sangat cepat
dan bahkan informasi mengenai negara-negara seluruh dunia kita bisa tahu dengan
hitungan detik.
Dizaman modern
ini para orang tua sangat senang dengan memberiakan anaknya gedget karena
dengan memberikan teknologi tersebut anak bisa mempelajari teknologi tersebut
supaya tidak ketinggalan zaman dan lebih mudah berkomunikasi dengan orang
tuanya, akan tetapi orang tua tidak sadar yang
diberikannya itu adalah mainan yang sangat membahayakan bagi anak-anak
yang dibawah usia dan juga mungkin kan berkelanjutan hingga dia besar.
Dengan
memberikan gedget yang tidak sesuai dengan usianya akan mendapatkan pengaruh
buruk terhadap perilaku anak tersebut, karena apa yang dilihat seorang anak
pasti dia akan meniru apa yang ia lihat. Contohnya saja banyak anak-anak usia
sekolah dasar sudah banyak melakukan pelecehan asusila sampai pelecehan seks,
yang diakibatkan dia ingi tahu rasanya apa yang dia lihat di Youtube. Selain
itu juga permainan-permainan yang ada pada gedget juga bisa mempengaruhi pola
pikirnya.
Jika kita melihat ke
pernyataan Mead mengenai tahap-tahap perkembangan anak, gadget dapat
berpengaruh pada tahap play stage dan
game stage karena pada tahap itu
seoarang anak sedang mencari jati dirinya dan mereka hanya bisa menerima, tidak
bisa menseleksi mana yang baik dan mana yang buruk untuknya. Hal tersebut dapat
membentuk kepribadan dan tingkah laku padanya.
1.2 Identifikasi
masalah dan rumusan masalah
a.
Indentifikasi masalah
Dari
latar belakang tersebut saya simpulkan
bahwa masalah yang dihadapi adalah pengaruh gedget terhadap perilaku
seorang anak.
b.
Rumusan masalah
Bagaimana
pengaruh gatget terhadap perilaku anak
1.3 pembatasan
masalah
pengaruh gedget terhadap perilaku
anak
1.4 maksud
dan tujuan
a.
maksud dari penelitian
ini adalah untuk lebih tahu seberapa besar pengaruh gadget terhadap
perkembangan perilaku anak.
b.
Tujuan dari penelitian
ini adalah supaya orang tua tahu bagaiman pengaruh gadget tersebut terhadap
perilaku anaknya dan orang tua bisa meminimalisir pengaruh tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar