KARAKTERISTIK MODEL
PEMBELAJARAN
1.
Berdasarkan teori pendidikan dan
teori belajar dari para ahli tertentu, misalnya model penelitian kelompok
disusun oleh Herbert Thelen dan berdasarkan Teori John Dewey. Model ini
dirancang untuk melatihpartisipasi kelompok secara demokratis.
2.
Mempunyai misi atau tujuan
pendidikan tertentu miisalnya modul berfikir induktif yang dirancang untuk
mengembangkan proses berfikir induktif.
3.
Dapat djadikan pedoman untuk
perbaiakan kegiatan belajar mengajar dikelas. Misalnya model scientific yang dirancang agar siswa
mempunyai pola pikr ilmiah.
4.
Memiliki bagian-bagian model yang
dinamakan urutan langkah-langkah pembelajaran (syntax), prinsip-prinsip reaksi, sistem sosial dan sistem pendukung
yang menjadi pedoman praktis bila guru akan melaksanakan suatu model
pembelajaran.
5.
Memiliki dampak sebagi akibat
terapan model pembelajaran yang dapat diukur dan dampak pengiring yaitu hasil
belajar jangka panjang.
6.
Mempunyai persiapan mengajar
(desain instruksional) dengan pedoman model pembelajaran yang dipilihnya.
Daftar pustaka : Gunawan, Rudy. 2014. Pengembangan Kompetensi Guru IPS.
Jakarta : ALFABETA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar